Minggu, 18 Agustus 2013

Cara Menstabilkan sinyal modem baik CDMA atau GSM

Tips Menguatkan Sinyal Modem USB

Assalamu'alaikum.. Selamat berjumpa lagi, setelah sekian lama nggak ngeblog, kali ini saya akan memberi tips dari beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana menguatkan sinyal Modem USB. Memang saat ini banyak orang menggunaka Modem USB untuk bisa terhubung dengan Internet karena mudah, sederhana dan dapat dibawa kemana-mana, namun terkadang disisi lain kemudahannya juga terdapat beberapa kendala seperti sinyal yang tidak stabil sering naik turun yang bisa saja dikarenakan faktor alam atau gangguan cuaca yang jelas merugikan pengguna Modem USB.

Saya sempat beberapa kali surfing di Internet menemukan beberapa tips untuk menguatkan sinyal Modem USB baik CDMA (1X, EVDO) maupun GSM (GPRS, EDGE, UMTS/WCDMA, HSDPA/HSUPA), berikut Tips Menguatkan Sinyal Modem :



Menggunakan Modem di Area Terbuka
Cara ini memang cukup ampuh untuk Menguatkan Sinyal Modem yang digunakan pada Laptop. Karena Sinyal Modem dapat terhalangi oleh berbagai media/penghalang. Seperti tembok, gedung-gedung, antar ruangan, dan lain-lain. Seperti halnya suara, Sinyal Modem ini merupakan sebuah gelombang yang dapat terhambat oleh media/penghalang ( ingat pelajaran Fisika? ^^ ).

Menggunakan Modem Dekat Dengan BTS/ Tower Operator
Cara ini memang tidak diragukan lagi. Untuk mendapatkan Sinyal Modem yang maksimal, anda bisa menggunakan modem di dekat dengan operator kartu anda. Karena modem lebih cepat menangkap sinyal dari BTS/ Tower operator kartu. Jadi, transfer data juga relatif lebih cepat.

Menggunakan Kabel USB Extender
Kabel USB Extender bisa digunakan untuk Menguatkan Sinyal Modem. Caranya adalah dengan memasangkan USB Extender ke port USB modem dan port USB Laptop/PC anda. Lalu, letakkan modem di tempat yang tinggi. Tapi ingat, semakin panjang kabel USB Extender yang anda gunakan, maka semakin panjang/lama juga waktu yang digunakan untuk mentransfer data-nya ( ingat pelajaran Fisika ? ^^ ). Jenis kabel USB Extender juga perlu diperhatikan. Apakah menggunakan USB 3.0 atau 2.0. Karena USB 3.0 lebih cepat mentransfer datanya dibandingkan USB 2.0.

Menggunakan Antena Luar/ External
Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk Menguatkan Sinyal Modem. Diakrenakan menggunakan antena yang sesuai dengan modemnya. Karena antena memiliki cakupan untuk menangkap sinyal lebih luas. Antena disini adalah antena khusus modem yang telah disediakan oleh produsen modem tersebut. Boleh juga menggunakan Antena Buatan seperti Wajanbolic, Antena Kaleng, dan lain-lain.

Oya, harus di ingat pula. Cara ini adalah cara untuk ¨Menguatkan Sinyal Modem¨, bukan untuk ¨Mempercepat Koneksi-nya¨. Karena kecepatan koneksi tergantung dari provider kartu anda. Misalnya anda menggunakan paket 384 Kbps ( Kilobyte per second ). Anda tidak bisa menaikkannya ke 1 Mbps (Megabyte per second). Jadi, Menguatkan Sinyal Modem ini bertujuan agar koneksi tidak naik turun/ kecepatannya stabil.


Dukutip dari : http://ghadinkz23.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar