Senin, 09 September 2013

Tanaman Terampuh untuk Mencegah Global Warming

1. Bungur & Mahoni

    Dikenal mampu menyerap polutan seperti timbal. Maka kedua pohom ini sebaiknya ditanam untuk penghijauan di kota-kota besar,dekat jalan protokol yang padat lalu lintasnya. Bukan rahasia lagi kalau kendaraan bermotor menjadi penyumbang timbal terbesar di udara. Sebaliknya, pohon seperti akasia sebaiknya jangan dijadikan pohon jalur hijau. Mengapa? Karena akasia menjadi salah satu pencetus asma. Begitu juga pohon palem yg indah bentuknya, tak begitu besar manfaatnya.

2. Lumut

    Lumut yang menempel di batang pohon mampu mendeteksi tingkat polusi udara suatu daerah. Semakin banyak lumut menempel di sebuah pohon berarti semakin baik kualitas udara di tempat itu.

3. Tanaman Sirih Belanda

    Tanaman perdu yang bisa tumbuh dimana saja, termasuk di pot di halaman rumah. Tanaman ini mampu menyerap formaldehida dan benzena. Hasilnya rumah pun lebih segar dan lega untuk bernafas.

4. Kenbang Sepatu

   Mampu menyerap Nitrogen sehingga membuat paru-paru kita menjadi lega. Namun jangan sekali-sekali menanam bunga kembang sepatu di dekat ruang radiografi. Tanaman ini berfungsi meneruskan radiasi sehingga berbahaya bagi orang di sekitar tempat radiografi tersebut.

5. Sanseveira

   Sanseveira mampu menyerap 107 jenis racun, termasuk polusi udara,asap rokok (nikotin), hingga radiasi nuklir, sehingga cocok dijadikan penyegar. Oya, kaktus juga bisa menghambat radiasi.

6. Pohon Trembesi

   Mampu menyerap karbondioksida dalam jumlah yg besar, sehingga sangat disarankan untuk ditanam sebagai pohon penghijauan. Namun Trembesi membutukan lahan yang cukup luas.

Sumber: Buku LKS Prestasi Multi Bidang kls 5 SD semester 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar